Mari Bersama-sama Membangun Desa Dukun

Selamat Datang Di Desa Dukun Kecamatan Dukun

MENUJU DESA DUKUN BERES

DESA MEMBANGUN

 

Sosialisasi Dampak dan Pemanfaatan Sampah di Dusun Dukoh-Joho

27 Agustus 2018 01:22:47 WIB

Bertempat di Mushola Al-Ikhlas RT 02 Dusun Dukoh-Joho, Desa Dukun, Kecamatan Magelang telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai dampak serta cara pegolahan sampah menjadi barang tepat guna dan bernilai jual. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya reduksi sampah dari hasil kegiatan rumah tangga, guna mewujudkan desa yang bersih dan sehat, Selasa (31/7).

“Salah satu faktor pendukung program pengelolaan sampah menjadi barang tepat guna itu adanya partisipasi dari warga setempat. Partisipasi tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk yang sederhana, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan seperti di jalan, pekarangan, sungai, atau jamban. Warga juga perlu memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, baru dapat terwujud lingkungan yang sehat, bersih, dan nyaman bagi warga Dusun Dukoh-Joho. Pasalnya, sumber sampah terbesar dari warga berasal dari rumah tangga” ujar Anton Priyadi selaku Kepala Dusun Dukoh-Joho.

Bagi sebagian warga, khususnya di RT 02 Dusun Dukoh-Joho, melakukan upaya penanggulangan dan pengolahan sampah masih menjadi suatu hal yang dirasa sulit. Oleh karena itu, sosialisasi mengenai dampak dan pengolahan sampah menjadi barang yang bernilai jual perlu dilakukan. Anton Priyadi menambahkan, upaya penanggulangan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Melalui kegiatan sosialisasi mengenai dampak sampah serta cara pengolahannya menjadi barang tepat guna dan bernilai jual diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pada seluruh warga Dusun Dukoh-Joho akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah serta menemukan pengolahan yang tepat agar dapat memiliki nilai jual yang lebih.

Kegiatan Sosialisasi Dampak Sampah beserta cara pengolahannya merupakan salah satu program kerja dari kelompok KKN 303  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang bekerjasama dengan kelompok PKL dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). Bentuk dari acara tersebut berupa ceramah serta diskusi dengan pemateri Wisnu Kusuma Wardana, salah satu mahasiswa dari UMM. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh warga RT 02 Dusun Dukoh-Joho. Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB dan dibuka dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dimulai dari I GDE Galang Budyasmanusa selaku ketua panitia, kemudian 

Inggit Bayu Setiawan selaku ketua kelompok KKN 303 UNY, dan dilanjutkan dengan Bapak Anton Priyadi selaku Kepala Dusun Dukoh-Joho. Setlah sambutan, acara dilanjukan pada penyampaian materi mengenai pengertian sampah, jenis-jenis sampah, dampak sampah terhadap lingkungan, lalu dilanjutkan dengan beragam alternatif  dalam mengelola serta memanfaatkan sampah menjadi barang tepat guna dan bernilai ekonomis dan sesi tanya jawab. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kengangan oleh Ketua Kelompok KKN 303 UNY kepada pemateri dan sesi foto bersama dengan warga RT 02 dusun Dukoh-Joho. (Galang/KKN UNY 2018)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Lokasi Dukun

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Tautan Terkait