Mari Bersama-sama Membangun Desa Dukun

Selamat Datang Di Desa Dukun Kecamatan Dukun

MENUJU DESA DUKUN BERES

DESA MEMBANGUN

 

Kemeriahan Peresmian Masjid AR-Rohmah di Dusun Dukoh-Joho

27 Agustus 2018 01:46:36 WIB

Dalam rangka mensyukuri mulai difungsikannya Masjid baru Ar-Rohmah, yang terletak di RT 01 Dusun Dukoh-Joho, Desa Dukun, Kec. Dukun, Kab. Magelang. Seluruh warga RT 01 Dusun Dukoh-Joho menggelar rangkaian acara dalam rangka Peresmian Gedung Masjid yang dimulai pada sabtu-minggu tanggal 11 dan 12 Agustus 2018.

Acara ini menggunakanwayang kreasi sebagai maskot penyambutan. Pembuatan wayang tersebut dilakukan mahasiswa KKN UNY kelompok 303 setinggi 1 meter dengan dukungan warga desa Dukoh-Joho. Sepasang wayang kreasi tersebut juga dihadirkan pada peresmian ini sebagai simbolisasi penyambutan tamu yang terpasang dipintu masjid dengan harapan masjid dapat menjadi sumber kebajikan, kebenaran dan dapat memberikan kenyamanan bagi yang melaksanakan ibadah di dalamnya.

Rangkaian acara yang pertama dimulai pada tanggal 11 Agustus 2018  pukul 18.30 WIB. Acara peresmian masjid bertempat dihalaman masjid Ar-Rahman, diawali dengan pemotongan pita serta penandatanganan piagam sebagai simbolisasi dari diresmikannya Gedung Baru Masjid Ar-Rohmah oleh Tanto Heryanto selaku Kepala Desa yang disaksikan tamu undangan dan warga setempat. Kemudian berlanjut pada pelepasan lampion dan petasan yang turut memeriahkan peresmian masjid Ar-Rohman di Desa Dukun, sorak sorai warga pun turut menyumbangkan kemeriahannya pada sore itu. Banyak warga yang bersuka cita dan menyambut acara yang akan dilanjutkan setelahnya.

Kemudian di teruskan dengan samutan-sambutan yang dimulai dari bapak tanto heryanto selaku kepala desa dan dilanjutkan oleh sambutan dari bapak anton priyadi selaku kepala dusun Dukoh-Joho. Kemeriahan dalam peresmian masjid Ar-Rohmah diharapkan tidak berhenti saat hari peresmiannya saja tetapi juga bisa berlanjut sampai seterusnya, dalam artian para warga selalu merasa bersyukur dan bersukacita atas adanya Masjid Ar-Rohmah, demikian yang disampaikan oleh bapak Tanto Heryanto. Ditambahkan juga oleh bapak anton “dengan dibangunnya masjid Ar-Rohmah akan muncul dan tumbuh generasi yang selalu berpegang pada nilai-nilai agama dan kemanusiaan”.

Pada jam 20.30 WIB dilaksanakan serangkaian acara selanjutnya yaitu pertunjukan Jathilan kreasi “Kudho Panglaras” dari Kembang batur. Jathilan merupakan pertunjukan khas yang banyak mengandung unsur kebudayan dan memiliki alur cerita yang unik dengan adanya kejahatan dan kebaikanlah yang pasti menang dengan seijin-Nya. Pertunjukan jathilan tidak kalah meriah dengan acara yang telah dilakukan sebelumnya, anstusias warga tidak padam meski jathilan dipentaskan pada malam hari. Bahkan penontonnya pun datang dari 4 dusun yang terdapat di kawil 8, yaitu dusun Dukoh-Joho, Plambongan, Musuk, dan Tegalsari sampai dengan jam 1.00 dini hari warga masih memadati tempat pertunjukan sampai acara peresmian dihari pertama usai yang berbarengan dengan selesainya pertunjukan jathilan.

Hari minggu 12 Agustus 2018 merupakan hari kedua serangkaian acara peresmian masjid Ar-Rohman. Acara kedua diisi pengajian dengan mengundang Kyai H. Nurudin yang dimulai pada jam 13.00 – 15.30 seusai sholat Asar berjamah. Antusiasme warga pun masih sangat tinggi untuk menghadiri pengajian yang diadakan. Dengan desain panggung dan penataan yang masih sama tidak menyurutkan kekaguman warga pada tempat pelaksanaan acara. Meskipun warga duduk beralas tikar tidak menyurutkan pula kekhitmatan yang ditimbulkan selama acara pengajian berlangsung.

Acara ini merupakan salah satu bentuk kesuksesan kerjasama antara KKN UNY kelompok 303 dengan warga setempat karena dapat menghadirkan acara peresmian yang mampu menghadirkan banyak warga yang mau berpartisipasi dalam proses pelaksanaan maupun sampai dengan penyelengaraan acara. Acara berakhir sukses dan tidak menimbulkan kerugian yang berarti. (Galang/KKN UNY 2018)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Lokasi Dukun

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Tautan Terkait