Mari Bersama-sama Membangun Desa Dukun

Selamat Datang Di Desa Dukun Kecamatan Dukun

MENUJU DESA DUKUN BERES

DESA MEMBANGUN

 

STUDI BANDING PENGELOLA PASAR DESA SE KABUPATEN GUNUNGKIDUL KE PASAR DESA DUKUN

admin 29 September 2018 11:02:21 WIB

Kamis 27 September 2018,  Di siang hari itu tepatnya di aula balai Desa Dukun  tampak di luar nampak pedagang sayuran dan olahan makan kecil hasil produksi warga tertata rapi di halaman aula tepatnya diparkiran sepeda motor. Dari pada penasaran saya menyempatkan untuk berhenti dan menanyakan kepada penjual yang menunggu dagangan di luar, sembari bertanya  ada acara apa di Desa ini, dan si ibu yang merupakan penggerak usaha kecil di Desa Dukun bercerita kalau saat ini di dalam aula ada kegiatan studi banding pengelola Pasar Desa dari kabupaten Gunungkidul. Tanpa lama saya pun masuk keruangan untuk melihat sekaligus mendengarkan acara agar menambah ilmu.

Saat masuk saya melihat Bapak Kades Dukun Tanto Heryanto sedang memberikan sambutan selamat datang kepada rombongan pelaku pasar Desa dari Gunungkidul,  beliau merasa sangat senang dan tersanjung karena menyadari bahwa Pasar Desa Dukun merupakan pasar desa yang baru berkembang dengan pengelolaan yang belum genap 5 tahun tetapi ada saudara berbeda provinsi mau belajar bareng tentang pengelolaan Pasar Desa..

Setelah selesai sambutan giliran dari ketua rombongan yang ternyata adalah Kepala Dinas yang menanggani pemberdayaan masyarakat. Dalam sambutanya Bapak Sujoko menyampaikan  maksud dari kegiatan di siang hari ini merupakan rangkaian ahir dari kegiatan pemberdayaan masyarakat pengelolaan Pasar Desa, yang mana kegiatan ini sudah dilakukan sebelumnya 3 hari dalam ruangan dan hari ahir seluruh pelaku Pasar di ajak belajar bareng  langsung kw pengelolaan Pasar Desa Dukun.

Dalam sambutan selanjutnya Kabid Pemberdayaan Masyarakat DISPERMADES Kabupaten Magelang menyampaikan sekilas Pasar Desa yang ada di Kabupaten Magelang, dan kenapa di pilih Pasar Desa Dukun, Dispermades percaya pengelolaanya sudah cukup berjalan dengan bagus dan dalam kegiatan yang ada di pasar Desa ini cukup bervariasi.

Kemudian tiba waktunya pengelola pasar desa dukun memberikan pemaparan terkait pengelolaan Pasar Desa ini. Dalam kesempatan itu Yazid Aiman Fikri selaku pengelola pasar memaparkan kondisi umum Pasar desa, letak pasar desa dan bagaimana pengelolaan yang ada. di perjelas lagi dalam pemaparan bawha pasar desa dukun dalam menjalankan kegiatan berdasarkan Perdes Kepala Desa Dukun nomer 2 tahun 2014. Segala kegiatan di lakukan berdasar aturan yang ada. Dan pengelolaan setiap tahun bertambah bagus sehingga akan berpengaruh terhadap pendapatan asli desa. Dari pendapatan itu di gunakan untuk membayar pengurus pekerja dan sebagai pendapatan yang masuk ke APBDES dan di gunakan untuk pembangunan dan melengkapi prasarana pasar desa itu sendiri.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTube

Lokasi Dukun

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Tautan Terkait