Program Pemerintah Desa Dukun berkaitan dengan perang sampah sudah berjalan beberapa waktu. Salah satunya adalah Peduli dan Bersih lingkungan setiap jum'at kliwon. Program yang sudah di sosialisasikan oleh Pemdes ke seluruh 18 dusun yang ada di desa sekarang sudah mulai kelihatan hasilnya di masyarakat yaitu sudah serentaknya 18 dusun tiap hari jum'at kliwon melakukan gotong royong bersih lingkungan sekitar.

Adapun yang menarik dari program Peduli dan Bersih Jum'at kliwon adalah instansi yang ada di desapun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ada SD, SMP /MTS, SMA bahkan Taman Kanak Kanak ( TK ) ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kepala Desa Dukun Tanto Heryanto yang pada kegiatan jum'at bersih berkeliling desa untuk memantau jalanya kegiatan ini bercerita bahwa selain berusaha mensukseskan visi misi menuju desa yang "BERRES" Bermartabat Religius Sehat, perlu di tambahkan kata Resik (bersih) sebelum Sehat. Karena sehat itu tidak bisa lepas dari kebersihan. 

Selain itu harapan Kades Dukun berkaitan Program ini adalah berupaya menumbuh kembangkan budaya gotong royong yang ada di masyarakat mulai dari anak anak sampai orang tua karena beberapa tahun terahir kegiatan gotong royong mulai pudar karena pengaruh yang negatif dari luar. selain itu di harapkan mampu memupuk kembangkan tradisi Silaturohmi karena dalam program tersebut setiap masyarakat bersatu saling bahu membahu sehingga terdapat  interaksi sesama masyarakat. dan harapan lainya kedepan anak - anak yang sekarang masih belia kelak di saat sudah tua dapat bercerita ke anak cucu mereka apa itu gotong royong dan bagaimana cara bergotong royong sehingga generasi penerus gotong royong ini tidak putus di generasi sekarang tetapi dapat berjalan ke generasi penerus berikutnya.. Yazid