Dalam memaknai bulan Ramadhan, Pemerintah Desa Dukunmengadakan beberapa rangkaian kegiatan yang di awali dengan Tarhim ( Taraweh Silaturohim ) keliling dudun - dusun di wilayah Desa Dukun, Kegiatan santunan Duafa dan Yatim Piatu warga desa dengan jumlah 97 jiwa, buka bersama dan santapan Rohani dan di akhiri dengan Parade Takbir sebagai puncak dari rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan.

Kegiatan yang bertema Manungaling Ulama, Umarah lan Masyarakat Hamuju Raos Persatuan lan Kesatuan ini di ikuti sekurang - kurangnya 2000 orang yang terdiri dari seluruh jamaah takmir Masjid se Desa Dukun, BPD, lembaga desa lainya bersama warga masyarakat Desa Dukun. Tanto Heryanto Kepala Desa Dukun menyampaikan dengan penyelenggaraan Parade Takbir, merupakan wujud ekspresi kegembiraan kita bersama dengan seluruh umat muslim di tanah air setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Kegiatan yang menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan kontraktif ini, di harapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi umat muslim dalam menyambut momentum hari kemenangan.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan media untuk mempererat tali silaturohmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainya. sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang Aman, Damai dan saling menjaga toleransi, yang merupakan implementasi dari ajaran Islam yang Rahmatan Lil'Alamaiin.

Yazid Aiman Fikri