Persoalan sampah masih menjadi masalah yang umum dihadapi dalam suatu lingkungan masyarakat. Seakan tak ada habisnya, keberadaan sampah kerap kali tak dapat terkondisi dengan baik. Tak terkecuali permasalahan soal sampah di wilayah dusun Banggalan, desa Dukun. Kesadaran yang kurang akan pentingnya kebersihan lingkungan menjadikan masalah sampah agaknya tersisihkan di dusun ini.

            Realita sampah tersebut membawa KKN UNY 305 yang berlokasi di wilayah dusun Banggalan untuk mencoba membuka kesadaran itu melalui kampanye bersih sampah. Adapun, sasaran utama dalam program kampanye bersih sampah ini adalah anak-anak. Dipilihnya anak-anak sebagai sasaran utama pun bukan tanpa pertimbangan khusus. Sifat anak-anak yang mudah digerakkan dan ditanamkan pengetahuan baru dinilai lebih fleksibel untuk membentuk kesadaran mereka soal kebersihan sampah.

            Kampanye bersih sampah itu sendiri merupakan program utama KKN UNY 305 di dusun Banggalan, dimana program ini berisi rangkaian program untuk menciptakan masyarakat, terutama anak-anak, yang sadar lingkungan. Adapun, program kampanye bersih sampah ini diisi dengan kegiatan bersih dusun oleh anak-anak, sosialisasi edukasi sampah, pemanfaatan limbah barang bekas, permainan edukatif memilah sampah, serta kegiatan lainnya yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran mereka akan kebersihan.

            Harapan dari terlaksananya program kampanye bersih sampah oleh mahasiswa KKN UNY 305 ini pun tidak muluk-muluk. Tumbuhnya sedikit kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola sampah sudah cukup menjadi titik ukur keberhasilan program ini. Karena sedikit kesadaran masih lebih baik dari tidak ada kesadaran sama sekali, dan kesadaran yang sedikit itu diharapkan dapat senantiasa bertambah seiring waktu. (Amel/KKN UNY)