Problema sampah masih menjadi pekerjaan rumah yang cukup sulit untuk diselesaikan oleh masyarakat. Perlunya ketekunan dalam pengelolaan sampah, kerap kali membuat pengelolaan sampah tampak menjadi sebuah pengorbanan. Entah dalam hal mengorbankan waktu, tenaga, ataupun rasa malas. Keengganan masyarakat untuk melakukan pengorbanan itulah yang menjadi hambatan dalam pengelolaan sampah yang lebih baik.

            Adanya realita seperti diatas melatarbelakangi kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh kelompok KKN UNY 305 pada hari Rabu(15/8) lalu. Bertempat di gedung TPA Dusun Banggalan, Desa Dukun, Magelang, sosialisasi bertajuk Edukasi Kebersihan Lingkungan: #DusunkuBersih ini dihadiri oleh sebanyak 24 warga dari dusun Banggalan dan dusun Rejosari. Adapun, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kampanye bersih sampah yang menjadi program kerja dari kelompok KKN UNY 305.

            Pembicara dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu Dr. Pujianto, M.Pd. Beliau merupakan salah seorang dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang memiliki kompetensi memadai untuk menyampaikan materi perihal kebersihan lingkungan. Mengambil materi yang tak jauh-jauh dari pentingnya kebersihan lingkungan, Pujianto lebih banyak mengutarakan soal contoh nyata hasil pengelolaan sampah yang baik. Hidup sehat dan panjang umur menjadi salah satu keuntungan lingkungan bersih yang beliau utarakan, disamping materi soal pengelolaan sampah.

            Kegiatan sosialisasi Edukasi Kebersihan Lingkungan: #DusunkuBersih ini ditutup dengan tanya jawab, dimana terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Salah satu pertanyaan yang dijawab secara antusias oleh pembicara yaitu pertanyaan soal cara membuat pupuk kompos berbahan dasar sampah. Bahkan, Pujianto selaku pembicara sempat mengajak peserta untuk membuat pupuk kompos bersama di lain waktu.

            Terselenggaranya kegiatan ini tentunya memiliki harapan akan adanya output yang tampak dalam kaitannya dengan pengelolaan sampah dan kesadaran hidup sehat. Lingkungan sehat akan membawa pola hidup yang sehat pula. Begitupun pola hidup yang sehat akan membawa seseorang pada usia hidup yang panjang. (Amel/KKN UNY 2018)