Beberapa waktu yang lalu Kepala Desa Dukun Tanto Heryanto mencanangkan kegiatan Gerakan Seribu Tangan Memungut Sampah. Dimana tujuan dari kegiatan memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya dan memberikan pembelajaran bahwa kebersihan itu tanggung jawab bersama,  dan secara langsung akan mengurai permasalahan antar warga sehingga tidak ada warga yang merasa dirugikan karena tempat pekarangan pribadi di jadikan tempat pembuangan sampah liar oleh masyarakat.

Dalam kesempatan kegiatan itu mahasiswa dari IAIN Salatiga yang di tempatkan di Dusu Banggalan sekaligus koordinator kegiatan Muhammad Abdul Gofur menyampaikan kegiatan ini yang pertama adalah sebagai sarana menjalin silaturohmi dengan warga dusun banggalan dan elmen lembaga desa yang terlibat seperti Linmas, OPRB Desa, TPPKK dan Pemdes Dukun, yang kedua meningkatkan rasa kepedulian warga terhadap sampah, yang ketiga menumbuhan kekeluargaan seluruh warga dusun banggalan dimana dalam kegiatan itu bisa dilakukan kegiatan bersama. 

Budi Widodo Ketua BPD Desa Dukun pada saat itu menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai Shock Terapy bagi masyarakat yang sering membuang sampah di pekarangan orang lain. sehingga kedepan akan ada efek malu dimana masyarakat yang membuang sampah tapi seluruh elmen baik itu Pemdes dan Lembaga desa lainya bersama KKN memungut, membersihkan dan membuang sampah ke tempat pembuangan sampah yang sudah ada. Dari hasil kegiatan itu cukup banyak di hasilkan sampah dalam satu titik di wilayah dusun banggalan, ada sekitar 5 ton sampah yang dapat di bersihkan, dan semoga dengan di adakanya kegiatan itu kedepan tidak ada lagi warga yang membuang sampah dan seandainya masih ada yang membuang sampah Pemdes Dukun akan memberikan imbalan sepantasnya kepada masyarakat yang dapat melihat dan membuktikan kalau masih ada orang yang membuang sampah di tempat itu. Yazid A.F