Dalam membantu meringankan dampak Covid - 19 Pemerintah Desa Dukun senantiasa berupaya melakukan langkah langkah kongkrit di lapangan, salah satunya adalah pembagian beras untuk masyarakat yang membutuhkan. Pada hari selasa 05 Mei 2020 Pemerintah Desa bersama Satgas Covid - 19 membagikan ke 18 dusun wilayah desa sejumlah 2,1 Ton Beras. Selain warga yang membutuhkan ada beberapa orang pelaku pasar malam yang sudah sebulan lebih bertahan di desa dukun terdampak Covid - 19 juga menjadi perhatian Satgas, karena mereka bertahan tidak bisa pulang ke daerahnya dan bertahan tanpa penghasilan setiap harinya.

Kepala Desa Dukun Tanto Heryanto pada kesempatan pembagian ini menyampaikan terkait Bantuan Beras ini, desa menghimpun dari berbagai sumber.  Pertama dari jimpitan beras yang di kumpulkan oleh PKK Desa Dukun yang pengumpulanya pada tangal 7 setiap bulanya menjadi tabungan sosial, kedua dari Dana Sosial BKAD dan dari pihak luar seperti Bapak Ir Sujadi salah satu anggota DPR RI yang secara pribadi membantu untuk menambah jumlah beras yang akan di bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Adapun penentuan kriteria berasal dari Poling Masyarakat secara partisipatif dalam menentukan calon penerimanya.

Dalam kesempatan yang sama Sumantri Kadus di wilayah desa dukun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Dukun yang mana pada kesempatan ini membagikan beras, atas nama masyarakat ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membantu warga yang membutuhkan. YAF