IMG-LOGO
Berita Desa

POTENSI MENINGKATKAN KUALITAS TEKNOLOGI DALAM PERTANIAAN

Create By 26 December 2017 9 Views
IMG

           Grogolan Bawah,kecamatan dukun,kabupaten Magelang adalah salah satu dusun yang berada di kaki Gunung Merapi. Dusun ini termasuk dusun yang kecil dengan 3 Rt. Rt tersebut yaitu RT 1,RT 2, RT 3. Meski daerah relatif kecil namun memiliki kete rsediaan air yang cukup baik mendukung kegiatan pertanian di dusun ini. Ketersediaan air yang cukup baik sangat mendukung kegiatan pertanian di dusun ini. Dengan jumlah penduduk sekitar 300 jiwa, hampir 90 % nya adalah petani. pertanian yang dikembangkan di daerah ini adalah persawahan basah dengan komoditas utama tanaman padi.Disamping menananam padi mereka juga mengembangkan tanaman tegalan dengan jenis sayuran cabe,kubis, sawi, buncis, dan lain- lain.

         Pertanian merupakan kegiatan pemanfaatan yang luas mencakup semua kegiatan pertanian ( tanaman pangan dan hortikultura), perkebunan, kehutanan, dan peternakan. kepala dusun grogolan bawah ( bapak kartin ) menyampaikan bahwa sekitar pertanian merupakan pekerjaan masyarakat penduduk desa. " pertanian itu kalo tidak terbangun akan menganggu kehidupan penduduk itu sendiri. kita juga harus memikirkan bagaimana memperbaiki kualitas teknologi yang digunakan petani. " ujarnya.

         karena itu kepala dusun selalu menekankan dan mendukung para petani agar terus mengembangkan teknologi. ciri masyarakat petani didesa ini cukup baik, masyarakat cukup bahu membahu baik tua maupun muda turun kesawah. selain bertani, mereka juga berternak ayam,kambing, dan sapi. Hiruk -pikuk masyarakat berangkat mencari rumput maupun kesawah sangat tampak menjelang pagi. Masyarakat Grogolan Bawah yang sederhana masih memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Budaya sambatan ( gotong royong )adalah salah satunya. Ketika sebuah keluarga membangun, maka para tetangga secara suka rela ikut membantu

 

 

 

IMG
IMG
IMG